Selasa, 08 Oktober 2013

Sejarah Berdirinya UKM PLH HIBER UNTAN

UKM PLH HIBER UNTAN, berdiri pada tanggal 08 Oktober 2009 dan merupakan UKM lingkungan yang pertama berdiri di lingkungan UNTAN. Sejarah singkat mengenai berdirinya Sekretariat Hijau Bersih berawal dari sebuah komunitas, yaitu KOMUNITAS HIJAU-BERSIH yang dirintis oleh Mahasiswa UNTAN dari berbagai Fakultas dan yang di ketuai Benny Thanheri, Dkk.
KOMUNITAS HIJAU-BERSIH adalah kelompok masyarakat yang berupaya untuk melakukan pola hidup ramah lingkungan yang dimulai dari diri sendiri.
Ada beberapa hal yang melatar belakangi berdirinya komunitas ini adalah :
- Hubungan manusia tidak hanya dengan Sang Pencipta dan sesama manusia tetapi juga hubungan alam sekitarnya (lingkungan).
- Pada dasarnya kita "Manusia" sangat menyukai keindahan termasuk keindahan lingkungan (kebersihan, kesejukan, dll).
- Masalah lingkungan hidup makin meningkat (Climate Change, pemanasan global, pencemaran/polusi, sampah, hilangnya estetika, kerusakan hutan, dll).
- Kesadaran dan pradigma masyarakat masih kurang peduli terhadap upaya meningkatkan kualitas lingkungan hidup.
- Pola hidup ramah lingkungan masih kurang diterapkan misalnya massih banyak yang membuang sampah sembarangan, tidak melakukan 3R (Reduce. Reuse, Recyle), tidak menjaga media penjaga kebersihan, merusak pohon, vandalisme, dll.
- Upaya sosialisasi dan publikasi untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup masih perlu ditingkatkan.
- Perlunya dukungan-dukungan perorangan atau kelompok dalam upaya membantu upaya-upaya peningkatan kualitas lingkungan hidup serta motivator-motivator dalam membantu upaya-upaya tersebut.
- Kita "Manusia" sebagai mahluk yang berpikir dan berperasaan artinya kita sangat adil dalam menentukan "Nasib Bumi" kita ini dan perlu diingat bahwa bumi kita hanya 1 (satu-satunya tempat indah yang bisa dihuni).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar