Rabu, 20 Juni 2012

Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Sobat HIBER UNTAN, 5 Juni adalah Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Tahu tidak pada tahun 2012 ini berapa usia Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati? Ternyata genap 40 tahun lohhh..

Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini awalnya dicetuskan pada tahun 1972 sebagai rangkaian kegiatan lingkungan oleh salah seorang senator Amerika Serikat, Gaylord Nelson yang dari dua tahun sebelumnya menyaksikan betapa kotor dan cemarnya bumi oleh ulah manusia. Nelson mengambil prakarsa bersama LSM yang bergerak dibidang lingkungan hidup untuk mempelopori satu hari bagi usaha penyelamatan bumi dari jurang kerusakan. Dari Konferensi PBB mengenai lingkungan hidup yang diselenggarakan pada tanggal 5 juni 1972 di Stockholm, Swedia. Akhirnya tanggal 5 Juni tersebut ditetapkan sebagai hari Lingkungan Lingkungan Hidup Sedunia.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dimaksudkan untuk menggugah kepedulian manusia dan masyarakat pada lingkungan hidup yang kian hari kian rusak. Nah, menjaga lingkungan hidup itu ternyata sangat penting untuk dilakukan, sebab bumi sebagai tempat kita tinggal usianya sudah semakin uzur.

Pemanasan global juga sudah tidak bisa dicegah lagi, kerusakan alam semakin banyak bahkan sumber daya energi di bumi pun lama-lama bisa semakin menipis. Yukk, sekarang kita bahas mengapa dan bagaimana kita menjaga lingkungan hidup.

Menjaga keselamatan lingkungan hidup bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk oleh Sobat HIBER UNTAN. Jadi menjaga urusan lingkungan hidup bukan hanya pekerjaan orang dewasa saja. Sobat HIBER UNTAN bisa ikut menjaga lingkungan, bagaimana yaa caranya? Menjaga lingkungan hidup bisa dilakukan melalui lingkungan tempat tinggal dan diri kita sendiri. Misalnya kita melakukan penghematan energi. Hmmm... Baru tahukan ternyata hemat energi itu merupakan salah satu cara untuk menjaga lingkungan hidup. Coba bayangkan kalau sumber energi yang ada di bumi ini terus dikeruk dan dipergunakan dengan boros, akan seperti apa lingkungan hidup kita.

Untuk melakukan hemat energi Sobat HIBER UNTAN bisa memberikan contoh untuk teman-teman lain dengan cara mematikan lampu di siang hari. Matikan tv, radio dan komputer jika tidak digunakan. Selain melakukan hemat energi, untuk menjaga lingkungan hidup jangan lupa kita melakukan pola hidup sehat, seperti jangan buang sampah sembarangan, memisahkan sampah organik dan anorganik, menggunakan barang daur ulang.

Nah, satu lagi yang tidak boleh kita lupakan adalah terus melakukan penanaman pohon walaupun hanya satu batang, sebab ini akan menjaga pori-pori dunia sehingga lingkungan hidup akan terjaga. Sekarang Sobat  HIBER UNTAN sudah tahukan cara memelihara lingkungan hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar